Wednesday, August 11, 2010

1 Ramadhan 1431 H

Jadi pengen beronta..
Alhamdulillah, Ramadhan dateng lagi..
Harus bersyukur masih diberi umur buat ketemu bulan yg suci ini..

Ini bulan puasa pertama yg gw lalui dengan status sebagai mahasiswa UI..
trus knp?
Yaa nggak, narsis aje kite..
Anywaay~ di sini gw pengen cerita2 ajee..
Tadi pagi, biasa, gw ama orang2 yg senasib ama gw, yg termasuk golongan maba UI 2010, menjalani OBM, sejenis ospek yg lebih intelek, nggak ada adegan jotos2an, perpeloncoan n sebagainye..
Di sini, maba UI pada diajarkan n diperkenalkan kehidupan kampus..
Dari ciri2 mahasiswa [kata2 favorit:berpikir kritis], cara belajar yg active learning [Focus Group n Home Group, keknye pernah denger], ampe yg namanya IL [information literacy]..

Yaude, gw memulai hari dengan sahur pertamax, make daging, minum susu, ama seteguk madu..
Iyeee lah, tanggal atu, ntar tanggal belas2an bakalan kagak ada yg beginian..
Yg ada sahur ama buka make mi instan..
Gapapa, yg penting kita kudu bersukur..

Trus brangkat, ksmansa, telat, ditungguin ama temen2 lucu,,
ude numpang, telat pula lo..
Ya gmane lagi.. Abang sopirnye boker dulu..

Trus masuk kelas IL, yg tadi di atas gw sebutin, ngumpul2, cekakakan.. Ampe dateng mas2 yg ngasih pelajaran ni hari..
Namanya Pak Sony, beliau pascasarjana ilkom, pengen wisuda beberapa bulan lagi.. Asik orangnya..
ilkom?
Iyeee, biasa, abis kenalan, trus bilang, "Saya pascasarjana, Ilmu komputer,, Disini ada yg ilmu komputer??"
"Saya pak..[ngacung]"

Nyetel film2 lucu, diceramahin, ditransfer ilmu dll..

Ampe suatu ketika, lg bahas search engine.. Di slide yg beliau presentasikan, bederet istilah2 yg asing..
"Nah, berikut ini adalah istilah2 yg biasa kalian temukan.. Ada yg sudah pernah dengar salah satu??"
Sunyi senyap..
"Iya sih, memang jarang orang yang tau, tapi anak ilkom pasti tau.." [menatap santai, mungkin beliau yakin saya tau]
Meta Search Engine..
Degg.. kyny pernah denger, cuman kok lupa yah..
"Wah, saya belum tau pak.." aww..
"Ah kamu ini gimana, ada yg tau??"
Sunyi senyap[lagi]..
Selamet..
Eh, beliau nunjuk lagi..
Invicible web..
Deeeggg..
Yg gw tau invicible man, ato invicible lagunya muse,,
trus lo jawab itu?
Kagak lah, "Ah saya nggak tau pak.."
"Kamu ini gimana, jangan malu2in ilkom dong.."
[sensor] [sensor] [sensor] [sensor]..
"Ada yg tau?"
Sunyi senyap[seneng]..
"Itu web yg gak bisa nongol kalo di search make google pak"
suara gaib memecah kesunyian.. kesel..

Sbenernya, gw ude tau, meta search tu kaya Dogpile.com gitu.. cuman, rada beler aje tadi pas ditanya..
Trus siapa yg gak tau kalo email pribadi tu gak bisa di search make google..
mangkanya lain kali tarik napas dalem2, trus kluarin pelan2, baru jawab,,
jangan asal nggak tau aje..
dih, tumben..

Abis itu ada tugas kelompok gitu, dikasih situasi dimana kita sebagai mahasiswa dgn deadline skripsi 10 hari lagi, 2 bab belon selese, ortu sakit keras, pacar minta putus, tugas2 kerja sambilan,sama tugas dari profesor yg bakalan runyem kalo ga selesai seminggu kedepan.. 
Trus kita punya penyelamat berupa kartu perpustakaan[maksa] dengan kegunaan sebagai sarana peminjaman buku buat ngatasin masalah, nah tiap kelompok bakalan diskusi buat nentuin 5 buku penting yg dipilih dari 10 buku, trus debat..
"Kita pilih 2 buku buat bantuin skripsi.." kata kelompok atu, setuju..
"Buku buat ngatasin masalah kerja sambilan.." setuju..
"Buku pedoman tugas dari profesor.." setuju..
"Sama yg terakhir buku managemen waktu.." heh?
"Ada yg mau menganggapi??" "Saya" gw ngacung..
"Saya setuju dengan pendapat situ, kecuali buku terakhir, kenapa nggak diganti tu buku.."
"Gini nih, waktunya kan padet, cuma 10 hari, kita pastinya butuh pedoman buat ngatur waktu dong.." meyakinkan..
"Tapi kan, pasti mental kita bakalan terbebani kalo seminggu itu nggak refresing, kenapa nggak ngambil buku penanggulangan stress??" berusaha nyanggah..
"Nggak lah, stres tu kan dateng gara2 nggak bisa ngatur waktu.." heee?
"Dih tapi kan,," tetap berusaha, selama beberapa menit ampe dipotong mas2nya..
Ah, padahal gw br dapet ilham, kenapa nggak minjem buku triangle of love trus dikasih ke pacar kita..
Biar apaan woy??
Iyee lah, pacar kan multifungsional..
Bisa buat obat setress, bisa bantuin managemen waktu, bisa bantu finansial dll..

Lanjut, abis IL kita ada IT-CML, belajar account UI dll gitu dah..
trus pulang..

ada kumpul kelompok..
tapi berhubung ni hari perdana puasa, gw ijin.. Pengen buka di rumah.. Bersama keluarga tercinta..
alibi..
Ya gimane, yg namanya buka puasa pertama pasti bakalan jadi buka puasa paling enak sebulan..
Hari pertama gitu..
iyee, terus ntar tanggal 15 kbawah bakalan buka make mie instan ama telor..
Kayanya..

Yasudah gitu aje, hari pertama ramadhan di UI..


No comments:

Post a Comment